CARA MENGHEMAT BATERAI KAMERA DLSR - BLOG FOTO PALEMBANG

CARA MENGHEMAT BATERAI KAMERA DLSR

Saat sedang hunting foto, Anda dihadapkan pada masalah baterai yang sudah minim. Bagi yang sudah profesional mungkin tidak mengalami kesulitan karena kebanyakan mereka menempatkan baterai grip tamabahan pada kamera. Namun bagi yang tidak memilikinya, bagaimana? Apakah ada tips menghemat baterai kamera khususnya DSLR?

Di saat Anda sedang tidak memiliki akses untuk melakukan pengisian ulang baterai padahal kegiatan pemotretan atau hunting masih berlangsung lama, satu-satunya cara untuk menghemat baterai kamera DSLR adalah dengan melakukan berbagai langkah dalam teknis pemotretan itu sendiri. Umumnya cara tersebut adalah dengan mematikan atau menonaktifkan berbagai fitur yang dimiliki kamera DSLR. Kamera DSLR memang memiliki fitur yang apabila dihidupkan akan memakan daya baterai secara signifikan. Jika Anda tidak menggunakan fitur yang berkaitan tersebut maka itulah yang menjadi cara untuk menghemat baterai kamera. Mungkin ceritanya akan berbeda jika kamera Anda memiliki teknologi panel surya, meskipun agaknya teknologi ini tidak tersedia pada merek kamera manapun.  Berikut ini adalah beberapa langkah dan tips menghemat baterai kamera DSLR yang tentunya cukup mudah dipraktekan.

Minimalisir penggunaan layar LCD kamera
Mungkin penggunaan layar LCD adalah salah satu hal yang memakan daya baterai cukup besar. Untungnya DSLR memiliki viewfinder yang bisa digunakan untuk memotret, dan rasanya tidak perlu menyalakan fitur live view disaat baterai sedang ‘sekarat’. Selain itu, Anda tidak perlu sering mengecek hasil foto karena itu hanya dapat dilakukan dengan menyalakan layar LCD kamera. Sayangnya, hal ini tidak berlaku pada kamera poket dan sejenisnya yang selalu menggunakan layar LCD saat memotret lantaran tidak adanya viewfinder. Namun hal ini bisa disiasati dengan cara mematikan auto review, bisa Anda lakukan pada menu pengaturan.

Tombol On hanya dipakai saat memotret saja
Kadang kali pengguna kamera DSLR lupa untuk memindahkan tuas On ke Off setelah selesai memotret. Padahal ini dapat dimanfaatkan untuk menghemat baterai kamera. Lakukan langkah ini meskipun Anda baru memotret satu foto saja.

Manual fokus lebih menghemat baterai dibandingkan Auto fokus
Sistem Auto fokus adalah Sistem pada kamera maupun pada lensa, atau juga kombinasi kamera dan lensa dimana ketepatan fokusnya ditentukan oleh sebuah alat elektronik dan motor. Tentu saja penggunaan fitur ini harus didukung dengan daya baterai. Jika Anda sedang menginginkan pengiritan baterai, segera matikan fitur Auto fokus dan gunakan Manual fokus. Pada kebanyakan kamera DSLR konversi ini dapat dilakukan dengan tuas yang tersedia pada lensa A/M. Memang dirasa ada teknik khusus dalam menggunakan manual fokus, dan ini cukup membuat kesulitan bagi para pemula. Namun setidaknya Anda bisa belajar manul fokus karena situasi ini.

Matikan fitur stabilizer VR, IS atau OS pada lensa
Fitur stabilizer yang dikenal dengan istilah VR (Nikon), IS (Canon) dan OS (Sigma) memang cukup membantu, terutama untuk mengurangi getaran karena kurang kuatnya tangan pada saat mengambil gambar. Namun tahukah Anda bahwa ternyata fitur ini memakan banyak energi baterai karena harus menggerakkan elemen-elemen didalam lensa untuk melawan shake pada hasil foto. Keuntungan jika mematikan fitur stabilizer ini baik IS atau VR, Anda bisa memperpanjang konsumsi baterai hingga 20%. Kekurangannya jika stabilizer di nonaktifkan, Anda harus bekerja keras agar kamera tidak terlalu goncang.

Minimalisir penggunaan Flash
Semua orang pun tahu bahwa pemakaian Built in Flash sangat membuat boros baterai kamera. Salah satu cara untuk menghemat baterai kamera tentunya adalah meminimalisir penggunaan fasilitas Flash. Gunakan saja Flash jika memang sangat diperlukan. Sebagai gantinya Anda bisa memanfaatkan fitur kepekaan cahaya ISO. Anda bisa naikan angka ISO tersebut meskipun pada besaran angka tertentu akan ada gangguan noise.

Jangan gunakan fitur fitur Sensor Cleaning
Meski tidak semua, namun ada beberapa produk DSLR yang memiliki fitur Sensor Cleaning. Fitur ini akan tetap menyala jika Anda menggunakan kamera. Sayangnya, fitur ini juga memakan energi baterai meskipun tidak lebih besar dengan penggunaan fitur lain di atas. Namun jika dimatikan, lumayan untuk menghemat baterai.

Gunakan fitur Power Saving jika ada
Kebanyakan kamera digital modern saat ini sudah didukung fitur Power Savingm, meski tidak semua. Fitur ini dapat melakukan berbagai cara guna meminimalisir penggunaan energi baterai. Anda bisa menemukan pada menu pengaturan.

Jangan sembarangan memotret
Cara untuk menghemat baterai kamera yang terakhir adalah jangan sembarangan memotret. Maksudnya adalah Anda harus lebih selektif dalam memotret, pikir dahulu apa itu momen penting atau tidak penting. Jika  kondisi baterai sedang full tidak masalah jika ingin memotret sesuka hati, namun hal itu tidak berlaku ketika baterai Anda sedang ‘sekarat’. (paseban)
Share this article :
 
Copyright © 2012 FotoPalembang.com - All rights reserved
Email: palembangvip@yahoo.com
View Imagine Productions | Profesional Team
Best Viewed Google Chrome